LOADING

Type to search

Movie

X-Men: 8 Alur Cerita dari seri tahun 2009 Hingga 2017

Eki Passu January 3, 2018

Siapa yang tidak kenal X-men? Bagi para remaja yang sudah cinta mati dengan Marvel , harusnya tidak hanya tahu Iron Man dkk di Avengers, X-men bisa dikatakan produk paling berhasil dari marvel dan punya warna serta kekuatan makna tersendiri bagi pecinta Marvel yang telah lama menyelam di dunia Marvel.

X-men pertama kali muncul dalam serial buku komik yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby dan diterbitkan oleh Marvel Comics. Kemudian 20th Century Fox memperoleh hak pembuatan film untuk seluruh karakter pada tahun 1994. Dan setelah banyak pemilihan konsep, akhirnya X-Men berhasil difilmkan pada tahun 2000, X-Men (2000) dan sekuelnya, X2 (2003).

Setelah sukses dengan keseluruhan filmya, yang dimulai dari tahun 2000 sampai pada yang terakhir di tahun 2017 dengan Logan. Masih banyak yang tidak mengerti alur dari cerita yang disampaikan. Karena adanya beberapa alur maju mundur dan konsep yang berbeda-beda.

Biar alur ceritanya berurut dan nontonnya juga tambah seru, saya akan berbagi sedikit mengenai alur ceritanya.

1. X-Men Origins : Wolverine (2009)

Film ini adalah prekuel dan sebuah spin-off yang berfokus pada karakter Wolverine dan hubungan-nya dengan saudara tirinya Victor Creed, dan juga tentang saat-saat dia bergabung dengan Tim X milik Stryker, sebelum dan sesaat sesudah kerangka tubuhnya disatukan dengan logam adamantium yang tidak dapat dihancurkan.

Inti Cerita: Tahun 1800 an, Wolverine sudah lahir dengan nama Jimmy. Dia punya saudara namanya Victor Creed (Sabertooth). Beratus-ratus tahun kemudian,ia dijadikan eksperimen oleh Stryker dan semua badannya jadi logam adamantium. Stryker ini bikin objek lain yaitu pembunuh mutan, dinamakan Deadpool. Wolverine kemudian ingin membalik membalik keadaan dan ingin mengalahkan Stryker.

Dengan bantuan Gambit (tahun 2018 ini rencananya gambit akan tayang perdana), Deadpool dikalahkan tetapi belum mati.

2. X-Men : First Class 2011

Film ini adalah prekuel yang umumnya berlatar belakang pada tahun 1962 selama Krisis Rudal Kuba, dan berfokus pada hubungan antara Charles Xavier dan Erik Lehnsherr (Magneto), dan asal-usul kelompok mereka masing-masing yaitu X-Men dan Brotherhood.

Inti Cerita: Bercerita meengenai masa muda Charles Xavier dalam membantu CIA memberantas mutan yang ingin mencoba menguasai dunia, dan awal pertemuannya dengan magneto.

Charles dan Magneto berpisah karena beda paham. Mystique (yang diperankan oleh Jennifer Lawrence) lebih memilih bersama Magneto. Charles mendirikan sekolah mutan dirumahnya. Oiya, di film inilah Charles tertembak kemudian menjadi lumpuh dan harus memakai kursi roda.

3. X-Men 2000

Film ini memperkenalkan karakter wolverine dan rogue kedalam konflik antara kelompok X-men binaan Profesor Charles dan Brotherhood of mutants yang dipimpin oleh Magneto. Magneto bermaksud untuk mengubah para pemimpin dunia di dalam sebuah konfrensi PBB menjadi mutan dengan mesin yang telah ia ciptakan, agar tericipta penerimaan untuk kaum mutan, tapi Xavier menyadari bahwa mutasi dengan cara paksa ini hanya akan mengakibatkan kematian bagi mereka.

Inti Cerita: Magneto membuat alat yang bisa memutasi manusia normal. Profesor Xavier dkk harus menggagalkannya. Professor dapat banyak bantuan, termasuk dari Wolverine.

4. X2 : X-Men United 2003

Dalam film ini, Kolonel William Stryker mencuci otak dan mengintrogasi Magneto yang sedang berada di dalam penjara tentang alat pencari mutan milik Profesor Xavier , Cerebro. Stryker menyerang X-Mansion, dan mencuci otak Xavier untuk menentukan lokasi setiap mutan di planet ini agar dapat membunuh mereka semua.

Inti Cerita: Para X-Men harus bekerjasama dengan Brotherhood untuk mencegah rencana genosida berskala dunia milik Stryker.

5. X-Men : The Last Stand 2006

Dalam film tersebut, sebuah perusahaan farmasi telah mengembangkan obat yang dapat menghilangkan gen mutan, yang menyulut kontroversi dalam komunitas para mutan. Magneto menyatakan perang pada manusia dan mengambil senjatanya sendiri: Phoenix, yang dibangkitkan dari mantan anggota X-Man, Jean Grey. Pertempuran akhir antara X-Men (sekarang dipimpin oleh Storm) dan Brotherhood akhirnya terjadi, dan Wolverine harus menerima bahwa untuk menghentikan Jean Grey, ia harus membunuhnya.

Inti Cerita: Pemerintah bikin the cure (obat penghilang mutasi). Selain itu Jane juga hidup lagi, tapi jadi jahat karena “sisi jahat”nya terbangkitkan. Para mutan terancam “sembuh”. Xavier juga sampai mati (maaf spoiler).

Jane ngamuk dan hancurkan semuanya. Untuk menghentikannya, Wolverine membunuh jane. Mystique dan Magneto terkena the cure. Mystique sudah jadi manusia biasa, sedangkan Magneto masih punya kekuatan. (maaf spoiler lagi).

6. The Wolverine 2013

Berlatar belakang setelah peristiwa X-Men: The Last Stand, film ini menampilkan Wolverine yang sedang dalam perjalanan ke Jepang untuk bertemu kembali dengan seorang prajurit bernama Ichirō Yashida yang hidupnya ia selamatkan bertahun-tahun sebelumnya. Wolverine harus melindungi cucu Ichiro– Mariko Yashida dari segala macam ninja dan Yakuza pembunuh

Inti Cerita: Pasca membunuh Jane, Wolverine jadi galau. Dia juga ketemu musuh yang dulu adalah orang Jepang yang pernah ia selamatkan, Yashida. Yashida ingin mendapatkan kekuatan Wolverine agar bisa abadi.

7. X-Men : Days of Future Past 2014

Berlatar belakang beberapa tahun setelah peristiwa The Wolverine, film ini menampilkan para pemeran asli trilogi X-Men , dan X-Men: First Class. Alur cerita terinspirasi dari komik X-Men “Days of Future Past” ciptaan Chris Claremont dan John Byrne, menceritakan tentang Wolverine yang pergi melintasi waktu kembali ke tahun 1973 untuk mencegah pembunuhan dimana, jika dilakukan, akan mengarah pada penciptaan sistem senjata baru yang disebut Sentinel yang mengancam keberadaan mutan dan juga berpotensi untuk semua kehancuran umat manusia

Inti Cerita: Dunia hancur oleh sentinel (robot pemusnah mutan) yang diciptakan oleh pemerintah. Semua berawal dari Mystique yang membunuh Trask (penemu sentinel) di tahun 1973. Makanya, Wolverine dikirim kembali ke masa lalu untuk mencegah pembunuhan ini, agar sentinel tidak pernah tercipta.

8. LOGAN 2017 (ini momen paling sedih bagi saya sebagai pencinta x-men)

Logan dan Xavier terlihat sangat tua, dan lemah.

Film ini mengambil latar belakang waktu di tahun 2029, dengan Logan terlihat jauh lebih tua dan payah. Logan, profesor Xavier, & caliban adalah generasi terakhir dari mutan murni. Dimasanya lahir banyak mutan lahir dari hasil penelitian Essex Corp. Mereka bertiga akan menjadi aktor penyelamat kaum mutan generasi berikutnya.

Inti Cerita: Profesor Xavier dan Wolverine diburu oleh tim essex corp karena telah melindungi beberapa mutan muda termasuk laura logan ( yang kemudian baru ia tahu bahwa laura adalah anaknya ).

Catatan kecil : Pemeran professor Charles Xavier (Patrick stewart) dan Wolverine ( Hugh Jackman) memutuskan untuk pensiun memerankan perannya setelah 17 tahun melekat dengan karakternya. Hal ini membuat banyak penggemar x-men mengungkapkan kesedihan sekaligus kebahagiannya atas loyalitas mereka.

Kematian wolverine sebenarnya juga telah diramal dalam film sebelumnya, yang mengatakan bahwa wolverine akan meninggal dengan memegang jantungnya sendiri. Itu terbukti saat ia memegang tangan laura logan sebelum meninggal L. Endingnya sedih banget, Crovias.

Tags:

3 Comments

  1. Penggemar January 3, 2018

    Wih ada kak Eki

    Reply
  2. Anonymous January 8, 2018

    Kenapa nda ada xmen apocalypse..hehe

    Reply
  3. andri darmawan January 11, 2018

    kurang satu judul yg disebut yaitu xmen apocalypse, sbnrnya ada 3 timeline (karena xmen wolverine origins itu alur ceritanya kacau dan ratingnya sangat buruk) dan dua timeline sisanya terjadi karena kejadian di xmen days past and future

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: